Top ↑ | Archive | Ask me anything

kancil vs robin hood

yang mencuri timun memaki-maki yang mencuri ayam … yang mencuri ayam memaki-maki yang mencuri daging sapi …

hanya karena seseorang mencuri lebih kecil / lebih sedikit tidak membuat dia menjadi lebih baik dari pencuri lainnya …

untuk yang mencuri lebih banyak dan lebih besar, tenang saja,  karena ganjaran berbanding lurus dengan perbuatan … tidak sekarang mungkin nanti …

… segala sesuatu jangan ditelan mentah-mentah … coba dikunyah dulu … biarkan enzim ptialin membantu proses pencernaan …  

seperti pepatah lama berkata yang manis jangan langsung ditelan, yang pahit jangan langsung dimuntahkan, yang basi jangan dimakan … yang jatuh boleh dimakan asalkan belum tiga menit …

ide?

saya yang tadinya bingung mencari ide … eurekaaa …

akhirnya berpikir bahwa seharusnya ide itu bukan dicari tapi diciptakan ….

dan sekarang saya sedang bingung menciptakan ide …

another sketch of life  

"Bisa menikmati hari ini, memaafkan masa lalu, tidak kuatir akan hari esok … adalah anugerah"

- gr.

my meditation …

my meditation …

Be strong and do not give up

Ice Breaker

Ketika mengajar sekolah minggu, Ice Breaker menjadi salah satu senjata (yang tidak berbahaya tentunya) untuk memecahkan suasana yang dingin :D Sebenarnya bukan hanya memecahkan suasana yang dingin antara anak-anak sekolah minggu yang suka malu-malu … tapi juga membantu menghilangkan rasa gugup guru nya :p (hehehe).

kali ini saya ingin berbagi beberapa permainan yang bisa dilakukan di dalam ruangan. saat ini saya mengajar anak-anak kelas remaja (kelas 9- kelas 11) di dalam ruangan berukuran kuang lebih 2.5 x 8 meter persegi, dengan jumlah anak 30-40 orang … terbayang kan sempitnya … belum lagi di dalam ruangan ada meja rapat besar yang ‘entah bagaimana bisa ditempatkan disana’… 

artinya permainan-permainan yang dipilih sebaiknya yang tidak membutuhkan ruang gerak terlalu besar. beberapa pemainan yang sudah pernah saya lakukan untuk membuat anak-anak kepanasan antara lain: 

1. pesan berantai …

Permainannya sangat mudah, tidak membutuhkan peralatan apapun. hehehe. Jadi caranya anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok. setiap kelompok kurang lebih 6-7 orang, jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak juga. Dimulai dari kelompok pertama, salah satu anak di barisan paling depan diberikan sebuah ayat untuk dihapalkan.Kurang lebih waktu menghapalnya hanya 30 detik - 1 menit. Ayat Alkitabnya juga jangan terlalu panjang. hehehe. Kemudian anak tersebut harus meneruskan ayat hapalan tersebut kepada teman disampingnya dalam waktu maksimal 30 detik, begitu seterusnya sampai kepada anak yang terakhir di kelompoknya. Anak tersebut harus mengucapkan ayat hapalan dengan suara yang keras sehingga bisa didengar oleh semua teman-teman nya. Jika ayat tersebut benar, maka kelompok tersebut mendapatkan nilai 100. Begitu juga untuk kelompok lainnya. mudah sekali kan :D tapi seru juga ….

lewat permainan ini anak-anak bisa belajar untuk mendengarkan dan menyimak dengan baik … juga melatih konsentrasi dan daya ingat sang anak.

2. tebak gerakan …

Permainan ini juga tidak kalah seru nya dengan pemainan sebelumnya .. anak-anak kembali dibagi menjadi beberapa kelompok. Kali ini setiap kelompok kurang lebih 5-6 orang. Tapi disesuaikan dengan jumlah anak dan waktu saja. Masing-masing kelompok mengirimkan salah seorang temannya (yang cukup ekspresif) untuk memperagakan gerakan-gerakan yang harus mereka tebak. Misalkan saja kalimat yang mereka harus tebak adalah : Yesus mengubah air menjadi anggur. Anak tersebut harus memperagakannya sehingga dapat di tebak oleh teman-temannya.

Setiap kelompok kurang lebih 3-5 kalimat yang harus ditebak, masing-masing kalimat harus ditebak dalam waktu 30 detik-1 menit. Kelompok yang paling banyak menebak dengan benar adalah pemenangnya.

Lewat permainan ini anak-anak belajar untuk mengungkapkan pendapatnya dan bekerja sama dengan teman-temannya.

3. mencari kata (dimankah alamatku ..)

permainan ini bisa dilakukan perkelompok atau perorangan. Terserah guru-nya saja. hehehe. Permainannya sangat mudah … guru dapat menyebutkan kata yang harus mereka temukan di dalam alkitab. Sebaiknya kata-kata nya yang cukup familiar dan mudah ditemukan anak-anak. Bisa nama-nama benda, hewan dan manusia, seperti: pelita, pelangi, garam, lumba-lumba, ikan, Lidia, Lazarus, dst. Anak-anak mencari dimana alamat ayat Alkitab yang menyebutkan kata-kata tersebut. Anak-anak juga harus diingatkan untuk tidak menggunakan aplikasi di handphone nya .. :D Kelompok yang dapat menemukan paling banyak mendapatkan hadiah.

Lewat permainan ini anak-anak belajar untuk mengingat bagian-bagian di dalam Alkitab. Semakin rajin mereka membaca alkitab, semakin mudah menemukannya.

4. Kata besambung …

Kali ini permainannya dilakukan perorangan. Guru menyebutkan salah satu nama tokoh Alkitab. misalkan saja Abraham, maka salah seorang anak harus menyebutkan nama tokoh alkitab lainnya yang dimulai dari huruf M. Jika anak tersebut menyebut Musa, maka anak selanjutnya harus menyebutkan tokoh alkitab yang berawaln huruf A. begitu seterusnya. Yang menjawab dengan benar dapat berdiri dari tempat duduknya. Terus berputar sampai tinggal 3-5 orang anak yang berdiri. Yang tidak bisa menebak langsung dipersilahkan duduk. Pertanyaan yang paling sering di lontarkan anak-anak ketika permainan ini adalah “Kak tokohnya harus yang baik atau yang jahat juga boleh??” hehehe … saya geli sendiri mendengarnya … semuanya juga boleh … yang penting nama tokoh di Alkitab. Dan permainan ini seru sekali ternyata :D

Lewat permainan ini anak-anak belajar untuk mengingat tokoh-tokoh di dalam Alkitab. Seperti pemainan sebelumnya, semakin rajin mereka membaca alkitab, semakin mudah menyebutkannya.

sebenarnya masih banyak permainan-permainan seru lainnya .. baik di dalam ruangan yang sempit dan ruangan yang besar … lain waktu akan dilanjutkan lagii … semoga semakin banyak ide-ide permainan yang baru untuk mencairkan es yang beku dan merubuhkan tembok yang tinggi .. :p

di saat seharusnya mengerjakan denah dan tampak depan tugas besar AR2100

anidamfr:

momoo: udah sampai mana gis?
Giska Raissa: sampe niat mo
Giska Raissa: hehehe
Giska Raissa: dari tadi ol mulu
momoo: HAHAHAA
momoo: like this!
Giska Raissa: belum nambah apa2 ..
Giska Raissa: momo dah sampe mana?
momoo: sampai sampai kertasnya aja belom dikeluarin dari bungkusnya gis
momoo: HAHAHA
Giska Raissa: Hahahaha
Giska Raissa: males juga ya mo, liat kertas mulu

sebuah pertanda

Resa : *makan dengan lahap* ahhh … lidahku kegigit
Girik : eh … katanya kalo lidahnya kegigit itu pertanda loh …
Resa : wah … pertanda apa??? *jadi semangat, berharap pertanda baik*
Girik : katanya sih kalo lidahnya kegigit itu pertandaa pengen makan daging … hahaha
Resa : heu … gak penting banget *kecewa*

meditating His promises day and night … is my strength :D

"It is sad knowing some people hate me with(out) any reason … but at the same time I thank God for them … they just reminding me of Jesus and people who love me just the way I am …"

- G/R

siapa dia …

siapa Dia yang bisa mengasihiku .. bahkan lebih dari aku mengasihi diriku sendiri?

siapa Dia yang bisa mengampuniku .. bahkan lebih dari aku mengampuni diriku sendiri?

siapa Dia yang bisa menerimaku .. bahkan lebih dari aku menerima diriku sendiri?

siapa Dia yang bisa percaya padaku .. bahkan lebih dari aku percaya pada diriku sendiri? 

mengapa Dia tetap menemaniku saat seluruh dunia meninggalkanku …

mengapa Dia tetap mengampuniku saat aku mengecewakannya …

mengapa Dia tetap menjagaku saat aku melupakannya …

mengapa Dia tetap menantiku saat aku meninggalkannya … 

Dia Yesus … karena Dia mengasihiku …

dikerjain (lagi)

Dec 27, 2013 .. via phone

X (Somewhere): Tadi orang yang punya handphone ini pergi terus ninggalin barang-barangnya … Disini ada tas, tiga handphone dan uang sekian juta .. 

R (Batam): Pak … saya akan coba hubungi teman saya ..

X: Kamu mau hubungi siapa? Saya gak mau ya dituduh mencuri …

R: Tenang pak, Bapak gak akan dituduh mencuri … saya akan coba hubungi keluarganya … *sambil bingung mau hubungi siapa*

X: Atau gini aja .. saya bawa pulang aja semuanya … daripada saya dituduh mencuri … 

R: *dlm hati: astaga ni orang stress ya* Bapak tunggu ya pak disitu .. jangan kemana-mana … 

X: Saya bawa pulang aja ya … 

R: *bingung, lemes* Tunggu paaak ..

I: Giskaaaaaaaaaaaa …

R: AHHHH … IKEEEEEEEEE …. jahat :’( … hahahahaha …

Dari jaman masi ingusan di bangku kuliah … sampai sudah kerja, sahabatku satu ini entah mengapa hobi banget ngerjain orang … hahaha … 

"Seperti seekor burung yang disuruh berenang … ternyata bisa juga … tapi suatu saat harus kembali terbang."

- graissa

"

Hanya kasih Tuhan yang tidak pakai ‘syarat dan ketentuan berlaku’ …

"

-

heartwriting